Dalam Kunkernya Menteri Amran Mendadak Berhenti di Tengah Jalan, Ini yang Dilakukan

By Admin

Foto/Istimewa  

nusakini.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mendadak berhenti di tengah jalan dalam kunjungan kerjanya dari Sumenep menuju Bangkalan, Jawa Timur, Selasa (6/6/2017) siang.

Dia tampak terkejut dan langsung mendatangi sebuah tenda besar bertuliskan lahan tambah tanam. Perhentian yang tak ada dalam daftar kunker-nya.

Di tengah jalan antara Sumenep menuju Sampang, tepatnya di desa Jrengik, kontan saja perhentiannya membuat beberapa orang yang sedang melakukan rapat terkejut.

"Saya kok melihat ada yang kurang ini," katanya kepada Plt Bupati Sampang, Fadhil Budiono.

Pandangan mata Amran langsung tertuju ke lahan sawah yang mulai mengering. Dia pun menanyakan kondisi lahan tambah tanam tersebut.

"Ini tadah hujan sawahnya pak menteri," kata Fadhil dan membuat Amran langsung geleng-geleng.

"Ada sungai di sini? Jaraknya jauh tidak?," ucap Amran langsung dijawab dengan lugas oleh Fadhil, "Ada 200 meter pak.”

Respons cepat langsung ditunjukkan menteri asal Sulsel tersebut dan seketika memanggil anak buahnya. Amran meminta agar Kementan mengirimkan 10 pompa air untuk menyedot air sungai menuju persawahan.

"Kalau tunggu hujan sekali setahun. Ini sumber air dekat, nanti sebelum subuh saya minta sudah datang pompa airnya,” tegas Amran.

Menurut dia, dengan adanya pompa air maka air sungai bosa langsung dibawa ke sawah tadah hujan tersebut.

"Jangan cuma sekali panen, nanti kalau ada pompa air bisa dialiri sawah ini, jadi bisa panen sampak tiga kali setahun, kami bantu pak Bupati," tuturnya.

Amran menegaskan, langkah yang dilakukanya merupakan pesan langsung dari Presiden untuk hadir di tengah kebutuhan masyarakat Indonesia.

"Saya tidak mau janji, ini sesuai pesan bapak presiden, saya langaung realisasikan kebutuhan akan pompa air ini," tandasnya.

Sontak warga dan pejabat pemkab Sampang bersorak dan bertepuk tangan dengan respon cepat Menteri Amran. Mereka percaya dan yakin komitmen untuk Indonesia Swasembada pangan diwujudkan benar-benar oleh pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.(b/mk)